Selasa, 18 Januari 2011

RETREAT CENTER GBKP




A.        PENGANTAR

Retreat Center adalah salah satu unit pelayanan gereja GBKP yang yang dirancang khusus untuk menyegarkan rohani dan jasmani anda, membangun keceriaan dan keharmonisan baik bagi keluarga dan kelompok anda, juga tempat pengembangan SDM individu dan kelompok lewat program retreat dan training in-door dan out-door.
Pemandangannya indah, dengan rumput hijau yang luas, taman bunga yang indah, taman hutan dengan 3 buah sungai yang melengkapi nuansa alamiah RC. Kesegaran dan kesejukan udaranya, diiring nyanyian burung pagi di bawah panorama keagungan gunung Sibayak, memancing inspirasi anda untuk merancang hal-hal yang baik; bagi keluarga, gereja, masyarakat.
RC berada  di lokasi Taman Jubelium 100Thn GBKP dengan luas 38 Ha. Tepatnya, di desa Sukamakmur, km 45. Berdampingan dengan Grenn Hill, Hill Park, dan Bumi Perkemahan Pramuka sibolangit, dengan waktu tempuh 45 menit dari kota Medan, atau 33 Km dari kota Kabanjahe.

B.        LATAR BELAKANG RC


Gereja dipanggil Tuhan hadir di tengah kehidupan yang terus berobah cepat tanpa permisi. Di tengah perobahan yang ada, kita melihat fenomena kehidupan yang kualitas kasih dan persekutuannya cendrung merosot.

  Modernisasi - globalisasi banyak menggeser nilai-nilai kehidupan yang menggiring manusia kepada pola hisup individualis, konsumeris

  Manusia terikat dalam pertarungan untuk menadapatkan dan mempertahankan pekerjaan, terikat dalam rutinitas harian, hidup bersama benda-benda mati, dan kehilangan sahabat bagi jiwa.

  Manusia bekerja seperti mesin, menghabiskan hari hari untuk memperpanjang hidup, tapi setelah itu, mereka merasakan hidup ini tanpa arti,  kehampaan dan kesepian batin yang mendalam.

  Meningkatnya gejala stress dalam rutinitas kerja yang bermuara pada kesuaman iman jemaat, dan berpengaruh kepada tingkat keharmonisan keluarga dan relasi / persekutuan di gereja dan masyrakat

  Pertarungan industri mengkondisikan pola hidup konsumeristis yang membuat manusia selalu merasa kekurangan dan kehilangan rasa bersyukur

  Bahkan para pelayan gereja tidak terlepas dari terjebak dalam pola rutinitas yang berbuah kejenuhan dan kesuaman semangat pelayanan.

            Efek dari semua kondisi di atas dapat memperingan bobot kehidupan kita sebagai manusia yang diiptakan segambar dengan Allah dan yang dipanggil untuk mewujudkan kerajaan Allah yang damai di dunia.
   
Menghadapi tantangan jaman ini, sangat dibutuhkan kekuatan Rohani, mental dan wawasan pengetahuan yang baik di semua lapisan masyarakat; dimulai dari para pelayan gereja, jemaat, pelayan di instasi pemerintah / swasta dan masyarakat.  


C.     VISI – MISI RETREAT CENTER

Menggarami kondisi di atas, RC mengaminkan panggilan Tuhan dengan komitment; “INI AKU, UTUSLAH AKU” untuk:

Hidup sebagai Tubuh Kristus, yang menjadi garam dan terang ditengah-tengah tantangan dan perobahan jaman





Untuk mewujudkan Visi tersebut, maka Missi RC adalah menjadi:

  Tempat pembinaan dan penyegaran; baik sprirtual, moral, mental bagi para pelayan, jemaat dan masyarakat ditengah-tengah rutinitas harian yang menjenuhkan.

  Tempat pengembangan SDM dengan membangun wawasan / pengetahuan dan skill yang mempertinggi kulaitas para pelayan dan kualitas hidup jemaat

  Tempat pembentukan komunitas yang menjadi pola kehidupan bermasyarakat yang damai dan sejahtera

  Tempat pertemuan, seminar, training bagi para pelayan gereja, jemaat dan masyarakat

  Tempat pembinaan bagi ras cinta terhadap budaya dan lingkungan.

  Pada akhirnya, kedewasaan iman akan meningkatkan kesejahteraan jemaat yang mendorong partisipatif jemaat dalam membangun Tubuh Kristus; baik daya, dana dan karya di tempat mereka masing-masing dan untuk GBKP secara umum.

D.    PROSES MANAGEMENT PENCAPAIAN VISI-MISSI RC

Berdasarkan Visi-Missi RC yang telah disebut pada bagian sebelumnya, maka dilakukan perancangan stakeholder, program pelayanan / pembinaan dan fasilitas pendukung  yang ibutuhkan:

Beranjak dari kebutuhan program ini, RC akan mempersiapkan pengadaan / pembangunan fasilitas (zona lokasi, lapangan, gedung, infrastruktur dan system management) yang dibutuhkan dan kemudian dituangkan dalam master plan.

Di bawah ini akan diuraikan bentuk-bentuk program menurut Missi RC dan element pembentuk Master Plan RC.

1.    Pembuatan program penunjang Visi-Missi
2.    Fasilitas / Master Plan:

-          Pemetaan kebutuhan lahan
-          Pembangian Zona menurut kebutuhan program
-          Fasilitas gedung
-          Fasilitas lapangan
-          Infra struktur

3.    Organizing / Sistem Management:

-          Struktur organisasi
-          Sistem Informasi Management
-          Sistem Informasi Akutansi
-          Pokok-Pokok Peraturan Kerja
-          Jobdescripsi
-          Sistem Kontrol dan Evaluasi

4.    Human Resources / Staffing:
-          Kebutuhan skill dan rekruitmen pegawai
-          System training
-          System evaluasi

5.    Financial:
-          Biaya Operasional
-          Mintenance
-          Pengembangan
-          Sosial

6.    Informasi dan Marketing:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar